Pembelajaran Tatap Muka, DPRD Medan Ingatkan Terapkan Prokes

Pembelajaran Tatap Muka, DPRD Medan Ingatkan Terapkan Prokes

topmetro.news Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Adlan, S.Pd, M.Pd, menerangkan pembelajaran tatap muka akan dilakukan di Kota Medan pada awal tahun baru ini. Saat ini, Walikota Medan terus melakukan sosialisasi pembelajaran tatap muka.

“Sudah sewajarnya proses belajar tatap muka digelar kembali. Murid-murid sudah mulai jenuh karena sudah 15 bulan tidak pernah melihat sekolah,” ungkap Adlan saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPRD Medan, terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Medan Tahun 2021, Selasa (22/6/2021).

Dalam rapat itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan, Sudari ST mengingatkan Dinas Pendidikan Kota Medan dan jajaran untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan belajar tatap muka. Apalagi, penyebaran Covid 19 di Kota Medan masih kerap terjadi.

“Penerapan protokol kesehatan harus benar-benar dilakukan. Jangan sampai kita abai terhadap hal ini. Begitupun, proses vaksinasi terhadap guru juga harus terus dilakukan,” pesan Sudari.

Ia juga meminta Dinas Pendidikan Kota Medan berkordinasi dengan Satgas Covid 19 yang standby di kecamatan-kecamatan di Kota Medan. Untuk turut memantau penerapan protokol kesehatan di sekolah saat proses belajar tatap muka dilaksanakan.

Belajar Tatap Muka

“Bila memang terjadi pelanggaran dan angka penyebaran Covid 19 meningkat akibat kegiatan belajar tatap muka, kita minta untuk tidak segan-segan menghentikannya. Jangan pula kegiatan ini menjadi cluster baru penyebaran Covid 19,” tegas Sudari.

Disisi lain, Sudari juga mengingatkan, agar pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Medan Tahun 2021 dapat berlangsung lancar dan tanpa persoalan. Hal ini dikatakannya karena melihat proses PPDB Provinsi Sumut untuk Tingkat SMA yang berlangsung buruk.

“Komisi II berharap proses PPDB Kota Medan dapat berjalan lancar dan tidak bermasalah. Seperti PPDB SMA yang sampai pihak penyelenggara dipanggil Ombudsman,” harapnya.

Ia berharap, kendala pelaksanaan PPDB Sumut jangan sampai terjadi di PPDB Medan.

“Namun hingga memasuki hari kedua pelaksanaan PPDB ini kami belum mendengar ada permasalahan. Semoga ini dipertahankan hingga akhir masa pendaftaran,” imbuhnya.

Kadis Pendidikan Kota Medan, Adlan, menjelaskan, PPDB Kota Medan 2021 dimulai dari 21 Juni sampai 3 Juli. Pelaksanaan PPDB masih sama seperti tahun lalu, melalui 4 jalur, yakni Jalur Zonasi 50 persen, Prestasi 30 persen, Afirmasi 15 persen dan Mutasi 5 persen.

“Kita siap melaksanakan PPDB Online tahun ini. Dan hingga kini belum ada masalah seperti yang terjadi di PPDB SMA. Walaupun ada masalah sedikit seperti sinyal lemot tapi itu biasa karena ramainya yang menggunakan aplikasi PPDB SMP,” paparnya.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment